wisata sumatera barat

Keindahan Alam Dari Puncak Bangun Rejo

Puncak Bangun Rejo

 

Keesokan harinya, kami menyempatkan guna singgah ke lokasi wisata kekinian lainnya sebelum kembali kembali ke Kota Padang, Puncak Bangun Rejo namanya. Supaya dapet view lembah yang tertutup awan/kabut tebal, kami sudah merencanakan guna berangkat lebih pagi. Tapi sayangnya, kami tak mampu melawan dingin pagi, sampai-sampai sampai sana juga tetap jam 8an.

 

Sebenernya bila dari lokasi menginap di area saribu lokasi tinggal gadang, tempat ini bertentangan arah dengan Kota Padang. Jarak dari penginapan ke tempat wisata juga memakan masa-masa 1 jam. Tapi gpp deh daripada penasaran, iya gak??

Beberapa ketika sebelum hingga di lokasi, anda akan bertemu dengan jalur pemanjatan gunung kerinci via Solok Selatan. Jalur ini belum lama dibuka. Katanya bila mendaki lewat jalur ini, anda akan disuguhkan nuansa hutan dengan pepohonan berlumut laksana di film Narnia. Wah,canggih banget yekaan?? Yang kegemaran nanjak, boleh diusahakan mendaki ke gunung kerinci lewat sini nih..

 

Selain mengarah ke gunung kerinci, jalur ini pun dapat membawa kita ke camping ground bangun rejo, panorama camintoran, dan panorama telaga bontak. Wah,, keempatnya mesti gue datengin seluruh nih sebuah saat..

Dikutip https://betwin188.website/daftar Tak jauh dari jalan mengarah ke jalur pendakian gunung kerinci, sampailah di Puncak Bangun Rejo. Pagi tersebut belum terdapat pengunjung beda di samping kami. Terdapat satu kedai lumayan besar yang menawarkan berbagai makanan dan minuman. Gue pesan teh talua (telur), namun sayang nggak ada, kesudahannya pesan kopi ginseng. Mungkin sebab masyarakat di nagari (desa) ini ialah para transmigran dari Jawa, sampai-sampai tidakmeluangkan teh khas minang tersebut. Ah sebenarnya gue suka banget teh talua..

Persis di sebelah kedai itu ada gardu pandang dengan pemandangan lembah yang hijau dan berlatarkan bukit barisan. Bagi menaiki gardu pandang tersebut, pengunjung dikenakan ongkos Rp2.000 per orang, murah kan??

 

Beberapa meter di samping kedai tersebut, ada kedai beda yang masih dalam etape pembangunan. Memang lokasi wisata kekinian ini belum lama dikembangkan, sampai-sampai peningkatan kemudahan pun masih terus dilakukan.

Kami memilih lantai dua kedai sebagai tempat mencicipi sajian makanan dan minuman sambil merasakan view lembah yang meneduhkan mata. Sangat asyik menyaksikan pemandangan lembah dan bukit deretan dari kedai ini seraya lesehan. Pagi itu, lembah masih tertutupi kabut tetapi sudah menipis, dengan latar bukit deretan yang pun tertutup kabut sampai-sampai terlihat samar. Tubuh anda akan diterpa kesejukan udara perbukitan sebab kedai/pondok ini memang tanpa jendela. Brrrrr..

 

Kami bertujuh dari blogger palanta ditemani Uni Yola dan Uni Elsa. Uni Yola ini ialah salah satu Duta Pariwisata/Uni Solok Selatan yang paling concern terhadap pariwisata Solok Selatan. Sedangkan Uni Elsa ialah guide di Kawasan Saribu Rumah Gadang yang akan mengisahkan dari A ke Z tentangarea SRG.

 

Pengunjung mulai memadati lokasi ini sambil kami meninggalkannya, dan bertolak mengarah ke tempat wisata beda seiring dengan perjalananmengarah ke Kota Padang.

 

FYI

– Lokasi Puncak Pinang Awan sedang di Jorong (dusun) Pinang Awan, Nagari (desa) Pauh Duo Nan Batigo, Kecamatan Pauh Duo, Kab. Solok Selatan.

– Perjalanan dari Padang selama 5 jam. Dari Padang Aro (ibukota Solselselama 20 menit)

– Lokasi Puncak Bangun Rejo sedang di Jorong (dusun) Bangun Rejo, Nagari (desa) Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan.

– Perjalanan dari Padang selama 5 jam. Dari Padang Aro selama 15 menit.

 

Tips:

– Datang sebelum jam 7 guna dapat merasakan keindahan hakiki dari negeri di atas awan ini, dimana sekumpulan gumpalan awan masih bermain-main di dasar lembah.

– Bawa jaket sebab udaranya lumayan menusuk tulang.

 

Fasilitas selama lokasi:

– Di Puncak Pinang Awan ada kedai makanan, namun belum tahu apa saja yang dipasarkan karena saat tersebut tutup.

– Di Puncak Bangun Rejo kemudahan lebih lengkap. Terdapat kedai makanan dengan ragam makanan dan minuman, pun ada toilet.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *