wisata belitung

Pesona Pantai Belitung Yang Tak Ada Habisnya

Dikutip https://pokertiam.co/situs-poker-online-terpopuler/ bila ditanya mengenai pantai cantik dengan kelompok batuan raksasa, mungkin nyaris semua traveler akan membalas “Belitung!!”. Ya, 100% correct!! Tapi, tahukah kalian? Ternyata tidak saja Belitung yangmemiliki pantai dengan keindahan laksana itu. Datanglah ke Sumatera Barat, dan kalian dapat menemukan kembarannya pantai-pantai di Belitung,yaitu Pantai Batu Kalang. Pantai ini tersembunyi di balik bebatuan yangmayoritas berwarna cerah kekuningan dengan sekian banyak  ukuran, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Batuan itu ada yang berserakan di pantai, ada pun yang bertumpuk. Di sekelilingnya, pasir putih yang halus siap memanjakan kaki telanjang mencari pantai. Air laut yang bening punenggan kalah menyerahkan perannya sebagi pemikat semua wisatawan. Langit yang siang itu terang membiru melengkapi kesempurnaan lukisan alam yang tersaji di depan mata.  Lama enggak main ke pantai membuat kecintaan akan keadaan pantai semakin menyeruak. Maka kala tersebut di penghujung Oktober 2016, gue dan Ayu -istri sekaligus mitra traveling gue-, mengemas barang-barang guna jalan-jalan mengarah ke pantai yang dekat dari Kota Padang. Pilihan gue masa-masa itu ialah Pantai Batu Kalang yang bertempat di Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan yang berdampingan langsung dengan Kota Padang. Lokasinya sangat berdampingan dengan Puncak Mandeh. Jarak dari Kota Padang hingga dengan Pantai Batu Kalang kira-kira selama 50an km. Jarak itu dapat ditempuh dengan masa-masa normal antara 1-1,5 jam perjalanan. Setengah perjalanan mengarah ke Batu Kalang sehaluan dengan ke Sungai Pisang (pintu gerbang terdekat dari Pulau Pasumpahan, dll). Perjalanan ke sana relatif mudah. Mudah dideteksi oleh google maps, ada papan penunjuk jalan di simpang tiga, dan mayoritas jalannya besar dan bagus.  Dari tugu simpang tiga, perjalanan dilanjutkan ke arah kanan. Dari sini, kira-kira 1-2 km lagi anda akan hingga di Pantai Batu Kalang. Namun jalanan di sini lumayan sempit dan bobrok di sejumlah titik. Bakal nyasar gak di sini? Tenang aja, di jalan ini ada papan penunjuk mengarah ke Pantai Batu Kalang, TPI Carocok, dan Puncak Mandeh. Ambil jalan lurus untuk mengarah ke Pantai Batu Kalang. Di sini jalanan semakin rusak,namun tenang, hanya sejumlah ratus meter saja kok. Lurus terus ikuti jalan, sampailah di parkiran pantai destinasi setelah melalui sebuah jembatan kecil. Gak ada ongkos tiket masuk di sini, hanya ongkos parkir saja.. Guemenyerahkan Rp5.000 guna parkir mobil untuk abang tukang parkir. Alangkah kagetnya gue begitu mata memandang ke objek di depan mata, gue bingung. “Lho kok gini ya?? Mana batu-batuan besarnya?? Kok lain banget sih sama gambar-gambar yang gue liat di galeri instagram???”. Di depan mata, melulu ada pantai berpasir luas dengan kursi-kursi dan warung-warung penjual makanan di tepiannya, serupa-serupa sama Pantai Padang.  Malu bertanya sesat di jalan. Pepatah yang tepat menggambarkan situasi saat itu. Gue juga bertanya perihal bebatuan tersebut untuk salah satupenjual makanan seraya membeli sejumlah snack. Ternyata, untuk mengarah ke ke pantai berbatu tersebut, gue mesti berlangsung lagi sejumlah ratus meter. Baguslah, ternyata enggak nyasar.. Semakin tidak sedikit langkah kaki, semakin jauh meninggalkan jejeran warung penjual makanan, dan semakin tampak batuan berukuran jumbo. Oh ternyata itu. Langkah semakin gue percepat supaya cepat hingga kelokasi tujuan. “Waduh!!” Ternyata jalan mengarah ke ke balik batuan kesatu tertutup air laut.. Gue jajaki lewati, tingginya nyaris selutut,namun deburan ombaknya lumayan mengganggu sehingga mengairi celana pendek gue. Sedangkan jalan lain mengarah ke kesana mesti melalui bukit dan agak memutar. Mungkin air laut memang lagi pasang. Baiklah, lewat pantai saja.. Setelah melalui batu kesatu, barulah terdapat jalan pasir yang gampang dilewati.  Begitu mata menciduk apa yang tersuguh di depan mata, mendadak hati kecil gue berbicara “Waaaa keren!!”. Gue belum pernah ke Belitung dan belum pernah menyaksikan pantai dengan tidak sedikit batuan besar laksana ini sebelumnya. Sehingga datang ke Pantai Batu Kalang ini adalahsalah satu empiris tak terlupakan bikin gue. Gue udah mendatangitidak sedikit pantai dengan pelbagai keunikan, dan ini kesatu bikin gue untuk kelompok pantai dengan bebatuan besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *