wisata sumatera barat

Puncak Pinang Awan Desa Kecil di Atas Awan

Sebagai wilayah yang terletak di area bukit deretan dan di kaki gunung kerinci, Solok Selatan mempunyai sejuta daya tarik alam yang memikat mata. Termasuk diantaranya ialah beberapa puncak bukit yang menawarkan keindahan lansekap perbukitan dan lembah yang hijau. Belum lagi daya tarik gunung kerinci yang tampak estetis nan megah dari kejauhan. Saat ini, ada 2 puncak bukit dengan gardu pandang kekinian yang siap memanjakan mata semua pengunjung. Dikutip https://betwin188.online/ Kedua lokasi ini berada serupa di pinggir jalan yang dapat dilewati mobil dan tak butuh trekking, sehingg asesuai untuk seluruh umur. Namanya Puncak Pinang Awan dan Puncak Bangun Rejo. Mari berkenalan dengan keduanya yang akan ge jelaskan di 2 artikel berbeda.

 

 

Puncak Pinang Awan

 

Hari kedua di Solok Selatan, gue dan teman-teman blogger palanta bersiap mengarah ke spot kekinian mempunyai nama Puncak Pinang Awan. Sebelum bertolak kesana, Dedet menunjukkan potret saat kesatu kali dia mendatangi tempat itu. Dalam foto, tampak sekumpulan awan tebalmemblokir lembah yang sedang di depannya. Indah banget.. Posisinya lebih rendah dari puncak pinang awan. Itulah mengapa puncak ini pun sering dinamakan desa di atas awan.

Sebelum mencapai lokasinya aja sudah kebayang desanya ada di atas awan bearti itu desa berada di dataran tinggi dan bisa gue pastikan udara disana akan sangat segar dan dingin, brrr..

 

1 jam perjalanan telah dilewati dari lokasi kami menginap, area saribu lokasi tinggal gadang yang sedang di kota Muara Labuh. Dari jalan nasional, kami berbelok mengarah ke jalan yang lebih sempit. Jalan sempittersebut mulai menanjak menaiki bukit. Berkelok-kelok, kemudian naik turun, menyajikan pemandangan sisi kanan kiri perbukitan yang asri.

 

Tak berapa lama, kami hingga di suatu gardu pandang yang tercipta dari gabungan kayu dan bambu. Lokasinya serupa di pinggir jalan. Gardu pandang ini memiliki sejumlah tingkatan dengan bendera merah putih berkibar dengan gagah di puncaknya.

 

Dari atas bukit ini, anda akan ditawarkan pemandangan gunung kerinci, bukit barisan, dan lembah yang menawan.. Gunung kerinci tampak samar-samar pagi tersebut namun tetap menunjukkan cantiknya. Bukit deretan memanjang seolah memagari area ini. Tak lumayan sampai di situ, suatu lembah di depan bukit ini juga terlihat indah, terlebih ketika gumpalan awan menutupinya di pagi hari, menjadikannya sebagai pesona utama lokasi ini.

 

Sayang seribu sayang, jam 8 saat kami hingga di lokasi ini ternyatatidak cukup pagi guna mendapatkan keelokan terbaiknya. Tak tampak lagi gumpalan awan tersebut laksana yang tampak di potret yangdiperlihatkan Dedet.

 

Tak apalah, toh masih tetap terlihat estetis kan?! Tapi beda kali bila mau kesini lagi, pastikan maksimal jam 7 udah nyampe di lokasi.. Inget ya guys 😀 ..

 

Untuk naik ke gardu pandang ini, dikenakan ongkos Rp2.000 per orang, tertulis di sekitar tangga. Namun ketika kami kesana, tak terdapat satupun orang yang menjaga. Bahkan warung-warung yang berderet di sebelahnya juga rupanya belum buka.

 

Selesai mengambil sejumlah foto, kami meninggalkan lokasi ini. Kami sempatkan dulu mampir sebentar ke Hot Waterboom Sapan Saluluang Solok Selatan sebelum mengarah ke tempat wisata lainnya. Lokasi waterboom nyapaling dekat dengan puncak pinang awan. Dari gardu pandang tampak jelas.

Waterboom ini bukan waterboom biasa. Airnya berasal dari sumber air panas di dekat lokasi. Sangat pas guna menghangatkan badan di tengah udara area ini yang dingin. Next time bila waktu berkunjungnya lebih lama,mesti nih menikmati sensasi air hangat di waterboom ini.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *